BPK Kunjungi Harian Tribun Medan

Dalam rangka memberikan pemahaman yang baik dan mendalam terhadap tugas dan kewenangan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan memberikan penjelasan yang lebih rinci mengenai pemeriksaan keuangan negara yang dilaksanakan BPK, maka diselenggarakan suatu kegiatan pemberian informasi terkait hal tersebut. Sebagai salah satu bentuk pemberian informasi tersebut adalah dengan menyelenggarakan kegiatan Media Visit yang dilaksanakan dengan kunjungan ke media massa. Kegiatan ini salah satunya bertujuan untuk menghindari terjadinya kesalahpahaman pendapat dalam penulisan dan penyiaran berita. Terutama pada berita yang berkaitan dengan tugas dan kewenangan BPK, yang pada gilirannya dapat menimbulkan persepsi yang salah dan tidak baik dari masyarakat yang membaca dan mendengarkan berita tersebut dari media massa.

Kegiatan Media Visit dilaksanakan pada hari Senin Tanggal 9 Desember 2019 bertempat di Ruang Rapat Pimpinan Redaksi Harian Tribun Medan. Acara dimulai pada pukul 10.00 WIB ditandai dengan sambutan dari Pemimpin Redaksi (Pemred), Syarief Dayan. Syarief Dayan menyambut baik kunjungan dari BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Utara. Dari pihak Harian Tribun Medan, media visit ini diikuti oleh Pemimpin Usaha, Setiawan, Manajer Iklan, Zulkarnain Rito, Editor, Truly Okto Purba, IT Support, Ismail, dan Reporter, Alija Magribi serta Septrima Simanjorang.

Selanjutnya Pemred mempersilahkan kepada Kepala Perwakilan, Ambar Wahyuni menyampaikan maksud dan tujuan dari kunjungan BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Utara.

Ambar Wahyuni menjelaskan dalam sambutannya bahwa kegiatan tersebut merupakan wujud nyata dari BPK untuk membina Media Relations yang baik, karena media massa saat ini bukan hanya sebagai sarana dalam menyampaikan informasi tetapi juga sebagai sarana untuk mendidik dan membangun sebuah pemahaman publik  mengenai peran dan fungsi BPK dalam mendukung terciptanya pemerintah yang bersih dan akuntabel. Media elektronik dan media cetak sebagai partner dalam menyampaikan informasi ke masyarakat, bagaimana tugas dan fungsi BPK sebagai Lembaga Negara dalam tugasnya sebagai pemeriksa keuangan Negara eksternal.

Disela pembicaraan, Pemred Harian Tribun Medan menyampaikan paparan terkait dengan perkembangan media saat ini yang sudah beralih perlahan tapi pasti menuju digital. Tribun Medan adalah salah satu perusahaan yang terus berinovasi di era digital. Sehingga sebagai perusahaan yang bergerak profesional, Tribun Medan menjalankan roda perusahaan sesuai kaidah bisnis dan jurnalistik, ujar pria yang akrab disapa Dayan.

Diakui Dayan, sejumlah perusahaan media masih belum menjunjung tinggi integritas jurnalistik, sehingga praktik-praktik yang mencurangi nilai jurnalistik terjadi. BPK dan instansi pemerintahan lainnya, kami anjurkan untuk melihat capaian perusahaan media tersebut sebelum memulai kerjasama periklanan, bagaimana visitor (pengunjung) per hari, jumlah berita dan produksi cetak, dan bagaimana membangun bisnis perusahaan media itu sendiri.

Diharapkan melalui kegiatan ini nantinya dapat tercipta hubungan kesepahaman dan kerjasama yang saling mendukung antara BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Utara dengan Harian Tribun Medan dalam menyebarluaskan informasi mengenai pengelolaan keuangan negara/daerah secara jelas dan akurat kepada publik.