BPK Sumut Gelar Upacara Bendera 96 Tahun Sumpah Pemuda, Maju Bersama Indonesia Raya

Senin, tanggal 28 Oktober 2024, bertempat di halaman utama kantor, seluruh Pegawai BPK Sumut melaksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-96 Tahun 2024. Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-96 di tahun ini bertema “Maju Bersama Indonesia Raya”.

Kepala Perwakilan, Eydu Oktain Panjaitan, bertindak sebagai Inspektur Upacara. Andri Nurjihadi Putra, bertindak sebagai Komandan Upacara.

Dipimpin oleh Komandan Upacara, para petugas pengibar bendera melakukan pengibaran bendera diiringi lagu kebangsaan “Indonesia Raya”. Selanjutnya, dipimpin oleh Inspektur Upacara, para peserta upacara melakukan hening cipta sejenak untuk mengenang jasa – jasa para pahlawan yang telah gugur. Kemudian, pembacaan Naskah Pancasila diikuti oleh peserta upacara, pembacaan Naskah Pembukaan Undang – Undang Dasar 1945, dan pembacaan Naskah Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928.

Naskah Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928:

PERTAMA KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA

MENGAKOE BERTOEMPAH-DARAH JANG SATOE, TANAH AIR

INDONESIA.

 

KEDOEA KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA

MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA.

 

KETIGA KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA

MENDJOENDJOENG BAHASA PERSATUAN, BAHASA

INDONESIA.

Dipimpin oleh dirijen, Orintan Susi Naibaho, menyanyikan lagu “Satu Nusa Satu Bangsa”. Kepala Perwakilan selaku Inspektur Upacara mengajak para pemuda untuk bersama-sama melakukan berbagai macam langkah untuk mengembangkan potensi melalui aktivitas yang mendorong perkembangan kreativitas dan innovasi dengan berbagai cara yang dapat dilakukan.

“Saudara-saudara sekalian, pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tinggi atas kontribusi positif segenap pemangku kepentingan yang telah dan terus memberikan pelayanan kepemudaan yang baik. Kami juga memberikan terima kasih dan penghargaan atas prestasi kontribusi kepemimpinan dan kepeloporan pemuda Indonesia dalam berbagai bidang Pembangunan. Indonesia yang raya dan Sejahtera memanggil partisipasi dan perjuangan pemuda Indonesia,” ujar Inspektur Upacara membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia.

Kemudian, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu “Bangun Pemudi Pemuda” yang dipimpin oleh dirijen.

Upacara ditutup dengan pembacaan doa agar Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-96 Tahun 2024 di BPK Sumut mendapatkan keberkahan dari Tuhan Yang Maha Esa. (RZ)