Jumat, 7 September 2012, BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Utara mengadakan kegiatan pembahasan Keputusan Bersama tentang Petunjuk Teknis Pengembangan dan Pengelolaan Sistem Informasi untuk Akses Data (E-Audit) di Auditorium Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Utara, Muktini, dan dihadiri oleh Walikota Medan, Rahudman Harahap, Walikota Sibolga, Syarfi Hutauruk, serta pejabat dan staf dari empat pemerintah daerah di wilayah Provinsi Sumatera Utara, yaitu Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, Pemerintah Kota Medan, Pemerintah Kota Sibolga dan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan.
Kegiatan ini dilaksanakan sebagai kelanjutan dari penandatanganan Nota Kesepahaman antara BPK dengan Pemerintah Daerah tentang Pengembangan dan Pengelolaan Sistem Informasi dan Akses Data (E-Audit) yang telah dilakukan pada 12 Juli 2012 di Balai Diklat BPK Medan dan disaksikan oleh Ketua BPK, Hadi Poernomo. Setelah Keputusan Bersama tentang Petunjuk Teknis ini terbentuk maka diharapkan pemeriksaan secara elektronik (e-audit) dapat benar-benar terlaksana.
Keempat pemerintah daerah yang diundang dalam kegiatan ini merupakan pilot project pelaksanaan e-audit di wilayah Provinsi Sumatera Utara. Dalam sambutannya Kepala Perwakilan mengatakan bahwa pemilihan keempat daerah tersebut sebagai pilot project karena dinilai telah memiliki ketersediaan sistem dan data yang lengkap. Selain itu tiga diantara empat pemerintah daerah tersebut, yaitu Kota Medan, Kota Sibolga dan Kabupaten Humbang Hasundutan, telah mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK. Sedangkan untuk pemerintah daerah lainnya akan dilaksanakan menyusul secara bertahap. Lebih lanjut Kepala Perwakilan menyatakan bahwa salah satu tujuan dilaksanakannya e-audit ini adalah untuk efisiensi dan efektivitas pelaksanaan pemeriksaan dengan tidak membebani entitas yang bersangkutan. Walikota Sibolga dan Walikota Medan pun menyatakan menyambut baik serta memberikan dukungan sepenuhnya terhadap pelaksanaan e-audit ini.