DPRD: SILPA Sumut Rp700 M

MEDAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara memperkirakan, sisa lebih penggunaan anggaran pemerintah provinsi pada 2011 bisa mencapai Rp700 miliar jika dilihat dari penyerapan anggaran.

Juru bicara Badan Anggaran (Banggar) DPRD Sumut, Muslim Simbolon, dalam rapat paripurna di Medan, Selasa, mengatakan, penyerapan anggaran hingga Oktober 2011 baru mencapai 56,01 persen.

Kondisi tersebut dinilai mengawatirkan karena tahun anggaran 2011 tujuh minggu lagi akan berakhir. Kondisi itu juga cukup mengawatirkan karena Silpa 2011 diperkirakan lebih besar jika dibandingkan dengan 2010 yang hanya berjumlah sekitar Rp400 miliar.

Karena itu, Banggar DPRD Sumut meminta Pemprov untuk meningkatkan realisasi penyerapan anggaran 2011 agar program pembangunan di daerah tersebut dapat terlaksana.

Pihaknya mengharapkan Pemprov Sumut dapat meningkatkan realisasi bantuan keuangan 2011 kepada seluruh kabupaten dan kota di provinsi itu.

Dari pengkajian selama ini, menurut dia, Pemprov Sumut baru merealisasikan bantuan tersebut sekitar Rp128 miliar lebih hingga akhir Oktober 2011. “Jumlahnya baru mencapai 41,98 persen dari total bantuan Rp306 miliar,” katanya.

Untuk kepentingan pembangunan pada tahun-tahun selanjutnya, Banggar DPRD Sumut mengharapkan Pemprov dapat meningkatkan alokasi anggaran pendidikan, khususnya bantuan untuk guru-guru swasta dan siswa kurang mampu.

Demikian juga untuk pengadaan buku-buku pelajar dan peningkatan jenjang pendidikan tenaga pendidikan.

Sumber : waspada.co.id (9 November 2011)