Upacara Peringatan HUT RI ke-77 di BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Utara

Setelah dua tahun sebelumnya dilaksanakan secara daring, maka pada hari Rabu, 17 Agustus 2022, BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Utara mengadakan Upacara Bendera memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 secara tatap muka. Upacara yang dimulai pukul 07.30 WIB tersebut dipimpin oleh Kepala Perwakilan, Eydu Oktain Panjaitan. Upacara kali ini juga diikuti oleh para pejabat eselon I, II, III dan IV serta seluruh pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Utara.

Dalam pidato yang dibacakan oleh Kepala Perwakilan, Ketua BPK RI berpesan bahwa seiring dengan tema peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini yaitu “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, Resiliensi yang telah ditunjukkan selama pandemi ini hendaknya terus dikuatkan guna mewujudkan bangsa yang kukuh dan bersatu dalam melalui segala turbulensi kehidupan yang menghadang.

Pada kesempatan ini, Ketua BPK juga menjelaskan mengenai penyelenggaraan SAI20. Terkait dengan Presidensi Indonesia pada G20, BPK telah menginisiasi pembentukan Supreme Audit Institutions (SAI) 20 sebagai Engagement Group baru G20. Sehubungan dengan itu, Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) SAI20 akan diselenggarakan pada 29-30 Agustus mendatang di Bali serta akan dihadiri oleh Ketua dan delegasi SAI dari negara G20.

Lebih lanjut lagi, Ketua BPK menjelaskan bahwa dengan SAI20, diharapkan BPK dan SAI negara G20 dapat memberikan kontribusi positif khususnya di bidang transparansi dan akuntabilitas tata kelola pada komunitas G20. KTT SAI20 akan membahas dan menghasilkan komunike terkait percepatan pemulihan ekonomi dan dukungan ketercapaian tujuan pembangunan berkelanjutan, yang sejalan dengan tema G20 pada 2022 yakni Recover Together, Recover Stronger. Mengingat pentingnya KTT SAI20 bagi kredibilitas BPK dan Indonesia selaku Presidensi G20 saat ini, Ketua BPK berpesan agar seluruh pegawai berdoa dan berupaya sekuat-kuatnya untuk kelancaran dan kesuksesan kegiatan tersebut.

Secara keseluruhan Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 di Kantor BPK Perwakilan Provinsi Sumatera Utara berlangsung lancar dan khidmat. Semoga seluruh Bangsa Indonesia dapat menghayati semangat kemerdekaan untuk berjuang bersama membangun Indonesia yang lebih Maju dan Berjaya. Merdeka!!